Usaha di Bidang Jasa Voice Over

Usaha di Bidang Jasa – Pengertian voice over adalah suara yang mengisi latar video. Kemudian narasi dibacakan dan direkam untuk keperluan. Adapun pengisi suara yaitu sebutan bagi voice over artist. Pada umumnya voice over gunanya oleh produksi film, iklan maupun serial televisi. Namun, kini beberapa video seperti dokumenter hingga buku audio menggunakan jasa voice over.

Istilah lainnya voice over merupakan teknik merekam suara yang penggunaannya untuk video, sedangkan pengisi suara tidak tampil pada layar. Pekerjaan ini merupakan produk turunan broadcasting, pada tahap produksinya menggunakan kaidah-kaidah ilmu komunikasi.

Selain itu, beberapa perusahaan bahkan pemerintah menggunakan jasa ini dalam video profil sebagai pembawa pesan-pesan yang ingin sampaikan. Dapat katakan bahwa voice over merupakan perwakilan wajah dari perusahaan.

Fungsi Voice Over
Voice over tak hanya sekedar untuk mengisi kekosongan video, namun pekerjaan ini memiliki fungsi tersendiri. Adapun fungsi voice over sendiri bervariatif tergantung dari jenis video yang menyertainya.

Contoh pada video komersial seperti video iklan, video promosi atau produk. Fungsi voice over sebagai pemberi informasi mengenai layanan atau produk yang sedang dalam masa promosi.

Adapun pada acara-acara televisi, film maupun video sejenisnya, voice over berfungsi untuk menceritakan elemen-elemen penting atau penekanan terhadap sesuatu. Selain itu, voice over sering berguna mengisi suara dialog pada film atau serial animasi. Adapun fungsinya untuk memperkuat karakter tokoh yang berperan.

Pada produksi video dokumenter dan siaran berita, voice over sering berguna untuk menjelaskan maksud dari gambar atau menambahkan konteks yang tidak ada pada layar. Voice over pada produk jurnalistik berguna untuk memberikan penjelasan berita yang dalam penayangan.

Tugas Voice Over Artist

Membaca Narasi
Tugas voice over artist adalah membacakan narasi/naskah yang telah tersedia untuk membuat rekaman. Adapun isi rekaman tadi berupa informasi tambahan atau penjelasan mengenai gambaran visual kepada penonton.

Dalam membacakan naskah, voice over artist harus mengerti dengan yang pembacaan. Hal ini bisa berpengaruh terhadap intonasi dan emosional pengisi suara saat membacanya. Voice over artist harus mempertahankan nada dan sikap yang dapat kepercayaan oleh pendengar.

Menyampaikan Pesan

 

Voice over bertugas untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu sesuai dengan video yang menyertainya.  Contohnya voice over yang bertugas untuk pengumuman layanan publik, harus meninggalkan kesan emosional bagi audiens. Dalam menyampaikan pesan, voice over harus memilih nada dan intonasi yang tepat sesuai dengan jenis videonya.

Menyusun Suara

usaha di bidang jasa

Tak jarang voice over terkadang berfungsi untuk membuat suara khusus atau karakter khusus saat membaca naskah. Misalnya, pada produk komersial dan film menggunakan suara yang berbeda. Produk komersial, karakter suara voice over artist harus persuasif dan terkesan meyakinkan audiens. Sementara dalam bidang perfilman voice over berguna untuk pendalaman karakter.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.