Memahami Proses Rekrutmen dan Budayanya di Indonesia

Memahami Proses Rekrutmen dan Budayanya di Indonesia

Recruitment-frepik-com

Sumber daya manusia merupakan salah satu aspek penting bagi perusahaan. Tenaga kerja adalah jumlah usaha fisik, sosial dan pikiran yang digunakan untuk memproduksi jasa dan barang dalam sebuah kegiatan ekonomi. Mereka dapat membantu dalam menjalankan bisnis Anda. Progres bisnis yang akan bergantung pada performa mereka serta performa mereka akan bergantung pada cara Anda memperlakukan karyawan.

Di Indonesia memiliki tenaga kerja terbanyak nomor 4 di dunia dan juga terbanyak di Asia Tenggara. Negara yang dinamis karena tenaga kerjanya yang dengan mudah menarik minat orang asing untuk berinvestasi dan selalu menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi.

Memahami situasi tenaga kerja di Indonesia

Sebelum mempelajari proses rekrutmen, mari kita pahami situasi tenaga kerja Indonesia terlebih dahulu.

Masyarakat di Indonesia lebih dari 255 juta, dengan 66,5% dari mereka ialah (berusia antara 15-60 tahun) di usia produktif serta usia rata-rata berusia 28,2 tahun. Hal ini menggambarkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar tenaga kerja sebab populasi didominasi oleh generasi muda yang siap untuk berkontribusi di sektor ekonomi.

Tingkat partisipasi angkatan kerja ialah 65,76% atau sekitar 169.600.000, dengan standar upah minimum provinsi antara Rp 2.700.000 sampai dengan Rp 4.000.000. Untuk posisi yang lebih terampil dan lebih tinggi, gaji pokok setidaknya Rp 5.000.000 tergantung pada lama kerja, keterampilan atau keahlian, dan  daerah.

Sebagian tantangan terbesar dalam angkatan kerja di Indonesia yang pertama, distribusi yang tidak merata tenaga kerja karena sebagian besar pekerja terampil dan berbakat yang tinggal di kota-kota besar di Jawa, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Semarang. Yang kedua, karena Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia relatif lebih rendah daripada negara-negara lain di dunia ataupun di kawasan Asia (0,617).

Langkah-langkah  Merekrut

Terdapat proses perekrutan dengan dua metode. Yang pertama ialah melakukan proses rekrutmen di rumah dan yang kedua ialah outsourcing melalui pihak ketiga. Berikut langkah-langkah proses perekrutan sebagai berikut:

Menerbitkan iklan lowongan pekerjaan untuk menarik pelamar

Hal ini biasanya dilakukan lewat kampanye media. Menempatkan iklan di beberapa situs kerja nasional terkemuka seperti jobstreet.com, karir.com, jobindo.com, jobsdb.com/Indonesia/, dan bestjobsindonesia.com merupakan awal yang baik. Namun, untuk kredibilitas, pencari kerja pada umumnya memeriksa ulang iklan pekerjaan dengan mengunjungi website perusahaan. Oleh sebab itu, menempatkan iklan di website perusahaan begitu dianjurkan.

Meninjau ulang seluruh persyaratan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menempatkan iklan secara terbuka pada publik ialah untuk menampilkan daftar seluruh kriteria yang dibperlukan pada posisi tertentu. Oleh sebab itu, apabila ada begitu banyak surat aplikasi datang setelah iklan lowongan ditempatkan di publik, tugas berat selanjutnya akan ke daftar shortlist kandidat.

Melakukan proses pemilihan

Hal ini dilakukan melalui telepon, tes lisan ataupun tertulis. Para kandidat terpilih pada umunya akan mengikuti beberapa langkah dari wawancara atau proses seleksi untuk pembuktikan diri. Fase ini tidak hanya memakan banyak sumber daya tetapi juga waktu.

Budaya Bekerja di Indonesia

Profil budaya di Indonesia berfokus pada kelompok etnik serta budaya yang berbeda-beda. Ada perbedaan yang sangat terlihat dalam menjalankan personalia di Indonesia, sebagiam perbedaan tersebut bahkan lebih jauh dari sekedar etika. Kinerjanya akan bergantung pada perilaku mereka. Nilai utama di masyarakat Indonesia merupakan hubungan, reputasi yang baik, agama serta harmoni. Perusahaan yang mendalami prinsip ini bisa mengeluarkan performa yang lebih baik dari tenaga kerjanya.

Pengesahan RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing) Oleh kementrian tenaga kerja

Pada umumnya, terdapat 5 jenis Pengesahan RPTKA yang pekerja asing peroleh, seperti:

Pengesahan RPTKA secara umum

Ini merupakan Pengesahan RPTKA umum untuk ekspatriat. Pemegang Pengesahan RPTKA ini bisa memperpanjang lisensi setelah 5 tahun.

Pengesahan RPTKA sementara

Yang mana akan dikeluarkan dalam jangka waktu maksimal 6 bulan serta tidak dapat diperpanjang. Umumnya, pekerja yang harus datang ke Indonesia untuk melakukan pekerjaan sementara seperti bantuan produk percobaan, instalasi mesin maintenances, penjualan, atau layanan.

Pengesahan RPTKA darurat

Ini adalah izin yang dikeluarkan dalam situasi kerja darurat, seperti hal-hal yang harus dilakukan, tetap, ataupun ditangani segera di perusahaan Anda, maka tidak akan berpotensi merugikan keberadaan masyarakat umum perusahaan. Pengesahan RPTKA ini bisa dikeluarkan untuk jangka waktu maksimal 1 bulan dan tidak bisa diperpanjang.

Ekonomi Eksklusif Zona Pengesahan RPTKA

Tak ada batasan waktu untuk Pengesahan RPTKA ini.

Impresariat Layanan Bisnis Pengesahan RPTKA

Pengesahan RPTKA ini diberikan kepada setiap ekspatriat yang ingin mengatur atau mengelola kegiatan hiburan di Indonesia. Tak ada batasan waktu untuk Pengesahan RPTKA ini

Visa untuk Warga Negara Asing

Setelah itu, pemegang Pengesahan RPTKA harus mengajukan permohonan untuk TA01 (Persetujuan Rekomendasi Visa) untuk bisa dapat Izin Kerja Indonesia.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.