Alasan Banyak Yang Lebih Memilih CV

Alasan Banyak Yang Lebih Memilih CV

Cv-freepik-Com

CV atau Comanditaire Venootschap merupakan salah satu bentuk badan usaha populer selain PT (Perseroan Terbatas). Beberapa kalangan mungkin akan merekomendasikan Kamu untuk memilih mendirikan PT daripada CV. Masyarakat yang baru memulai dunia karir disebuah bisnis lebih banyak yang memilih untuk mendirikan badan usaha dalam bentuk CV. Hal tersebut dikarenakan selain adanya biaya pembuatan CV yang cenderung lebih yang murah, calon pengusaha juga dipermudah dengan tidak adanya aturan yang menyatakan nominal modal awal yang harus dimiliki. Sehingga badan usaha dapat tetap didirikan meski dengan modal yang minim sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan operasional perusahaan.

Proses pembuatan CV yang jauh lebih cepat dibandingkan proses pembuatan PT juga menjadi salah satu faktor lebih banyak pengusaha yang memilih untuk mendirikan CV. Selain itu, dengan menggunakan jasa pembuatan CV melalui notaris juga membuat calon pengusaha mempunyai kesempatan untuk dapat konsultasi dari notaris itu sendiri. Maka pastinya akan menambah pengalaman dan pengetahuan calon pengusaha dalam terjun ke dalam dunia bisnis.

Namun, ada keuntungan-keuntungan yang sebenarnya hanya bisa didapatkan apabila Kamu mendirikan bisnis dengan bentuk usaha CV. Berikut ada beberapa keuntungan yang akan Kamu dapatkan apabila memilih CV sebagai bentuk badan usaha.

1. Tidak ada Modal Minimal

Untuk bisa mendirikan PT, Kamu harus mengawali bisnis dengan minimal dana setoran diatas 50 juta rupiah. Bagi kebanyakan masyarakat, dana tersebut pastinya sulit untuk didapatkan. Namun, bagi Kamu yang ingin membangun bisnis seharusnya segera dimulai dari sekarang agar Kamu tidak tertinggal dibanding kompetitor lain. Apabila mendirikan CV, Kamu tidak harus memiliki modal minimal serta tetap bisa beroprasi dan berdiri. Oleh karena itu, CV bisa menjadi pilihan utama bagi bisnis level UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Selain itu, biaya pembuatan CV cukup murah dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk mendirikan PT.

2. Nama Perusahaan yang lebih Sesuai

Hal yang satu ini bagi sebagian orang mungkin terlihat sepele, tetapi nama perusahaan sebenarnya sangat penting karena nama tersebut menunjukkan karakter dan identitas dari si pengusaha dalam melakukan aktivitas bisnis. Akan tetapi sering sekali terjadi dalam pembuatan PT nama yang Kamu pilih harus diganti karena sudah dipakai dengan perusahaan lain. Jika saat mendirikan CV, peraturan ini tidak berlaku, oleh karna itu Kamu bisa menggunakan nama yang diinginkan untuk melakukan aktivitas bisnis.

3. Sistem Pengambilan Keputusan yang Lebih Cepat

Berbeda dengan PT yang dimana pengambilan keputusan besar wajib disahkan terlebih dahulu melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), peraturan tersebut tidak berlaku untuk bentuk usaha CV. Jadi apabila perusahaan berada di dalam situasi dimana keputusan cepat harus segera dilakukan, CV dapat mengambil keputusan secara langsung tanpa harus melewati proses rapat serta melakukan eksekusi bagi kepentingan perusahaan. Hal tersebut juga berlaku untuk perubahan anggaran dasar. Pemilik bisa langsung melakukan perubahan akta untuk melakukan perubahan akta tanpa harus melakukan rapat pengurus.

4. Sistem Perpajakan yang lebih Mudah

CV bukanlah badan usaha oleh badan hukum. Hal ini bisa saja terlihat sebagai kekurangan, akan tetapi hal ini sebenarnya dapat menguntungkan dalam sisi pajak. Laba CV yang diterima pada akhir tahun hanya dikenai pajak satu kali saja sebagai pajak perusahaan. Beberapa laba yang diterima pemilik CV tidak dikenai pajak serta termasuk dalam non objek PPh.

Itulah beberapa keuntungan yang akan Kamu dapatkan jika Kamu memilih CV sebagai bentuk badan usaha Anda. Pada umumnya, setiap bentuk perusahaan memiliki kelebihan dan keuntungannya masing-masing. Dan pada akhirnya pelaku usaha ataupun pengusaha harus memilih sesuai dengan kebutuhannya.

Jika kebutuhan bisnis Kamu termasuk dalam hal-hal di atas ini, maka CV dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Kamu.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.