Tujuan Penting Menjalani Usaha Sampingan

Sebagaimana namanya, usaha sampingan merupakan usaha lain yang berjalan nantinya di luar usaha pokok atau pekerjaan utamanya. Sehingga dalam pelaksanaannya usaha tersebut dijalankan di luar jam kerja atau waktu luang yang dimiliki pemilik usaha sampingan tersebut. Jika dekelola dengan baik, tidak jarang usaha sampingan justru menghasilkan pendapatan yang jauh lebih besar dari penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan maupun usaha utamanya. Sebaliknya, tanpa pengelolaan yang baik, bisa saja usaha sampingan yang dilakukan tidak menguntungkan, bahkan dapat mengganggu pekerjaan atau usaha utama yang sedang dijalankan.

Biasanya usaha sampingan dilakukan untuk menambah penghasilan, namun ada juga yang bertujuan sebagai investasi guna persiapan untuk hari tua. Selain itu ada juga yang melakukannya untuk sekedar mengisi waktu luang dengan menjalankan kegiatan usaha yang menjadi hobinya. Terlepas dari apapun alasannya, sebuah usaha jika berjalan dengan baik sedikit ataupun banyak akan mendatangkan penghasilan bagi pelakunya. Agar usaha yang terlasana nantinya dapat berjalan dengan baik, tentunya perlu manajemen yang baik juga. Berikut kiat serta informasi yang dapat berguna dalam mengelola usaha sampingan, agar dapat berjalan dengan baik.

Rencanakan usaha sampingan yang Anda inginkan

Jangan menganggap remeh rencana, baik itu rencana usaha maupun rencana dalam hal – hal lainnya. Walaupun terlihat seolah – olah rencana tidak ada hubungannya secara langsung dengan pelaksana kegiatan, sebenarnya rencana merupakan bagian dari suatu kegiatan tersebut. Hanya ruang lingkup maupun kompleksitas dari suatu rencana yang membuat sebuah rencana seolah – olah bukan sebuah rencana. Tanpa sadar semua orang sudah membuat rencana dalam banyak kegiatannya. Suatu contoh : pada saat menerima sebuah undangan, pada umumnya banyak orang berpikir, “Pakai baju apa nantinya?” “Menggunakan kendaraan apa?” dan lain – lain. Walaupun terlihat sepele dan kecil, pemikiran – pemikiran dalam contoh tersebut dapat menjadi sebuah rencana dalam kegiatan menghadiri undangan.

Demikian juga dalam sebuah usaha sampingan yang akan maupun sedang berjalan, itu pun juga memerlukan suatu rencana. Walaupun sebuah usaha dapat berjalan tanpa rencana, namun nantinya akan menyulitkan dalam evaluasinya, apakah usaha yang terlaksana tersebut sudah berjalan dengan baik atau belum. Karena sebuah usaha yang menghasilkan keuntungan besar belum tentu dapat berjalan dengan baik, demikian juga sebaliknya, walaupun sebuah usaha hanya menghasilkan sedikit keuntungan, bisa saja sudah berjalan dengan baik.

Secara sederhana rencana usaha merupakan sebuah uraian kegiatan bagaimana sebuah usaha akan berjalan. Sehingga dalam membuat sebuah rencana usaha sampingan, setidaknya perlu adanya unsur – unsur berikut :

Tujuan usaha sampingan

Hal penting dalam sebuah rencana adalah tujuan dari kegiatan yang akan berlangsung. Karena sebuah tujuan akan mempengaruhi langkah-langkah berikutnya, baik dalam perencanaan itu sendiri maupun pada saat pelaksanaan usaha. Selain itu, sebuah tujuan nantinya akan menjadi salah satu tolok ukur dalam mengevaluasi keberhasilan sebuah usaha. Sebuah usaha dapat berjalan dengan baik apabila dapat memenuhi atau berhasil mencapai tujuan dari terciptanya usaha tersebut. Oleh karenanya perlu suatu pemikiran maupun pertimbangan yang matang dalam membuat tujuan usaha.

Tujuan usaha yang akan tercipta dapat pertimbangkan dari banyak hal, seperti motivasi usaha, hobi, keahlian yang ada, dan lain – lain. Contohnya : Membuat usaha sampingan sebagai sumber penghasilan tambahan, atau memulai usaha untuk mengisi waktu luang.

Agar memudahkan dalam pelaksanaan maupun evaluasinya. Jika perlu, tujuan tadi dapat terpisah jadi dua bagian, yaitu tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Sehingga selain tujuan usaha, proyeksi waktu pencapaian tujuan usaha juga hal yang perlu tercipta pada saat sebuah tujuan sesuai ketetapan yang ada.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.