Tantangan dan Peluang Motor Listrik

Tantangan dan Peluang Motor Listrik – Dalam rangka mengurangi beban subsidi dan meraih energi bersih sebagai bahan bakar, pemerintah menggulirkan Program Konversi Motor BBM ke Listrik. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 terkait dengan Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).
Secara bersamaan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko. Bbersama-sama konvoi mengendarai motor listrik acara Electric Vehicle “FUNDAY”. Kampanye dan sosialisasi ini rencanakan akan terlaksanakan sebanyak 4 kali hingga 3 pekan kedepan setiap Minggu.
Pada acara tersebut Moeldoko mengatakan, sebagai tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 yang mengharuskan secara periodik untuk mengganti kendaraan-kendaraan yang ada Pemerintahan Pusat/Daerah. Maupun TNI/Polri menjadi kendaraan listrik merupakan sebuah tantangan dan peluang.

Tantangan dan Peluang Motor Listrik

Perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan kendaraan listrik ini harus melihat program ini sebagai sebuah peluang usaha. Yang menguntungkan, mereka harus mempersiapkan infrastrukturnya untuk mendukung program ini.
Kementerian ESDM telah memulai program ini pada tahun 2021 dengan mengkonversi sepeda motor-sepeda motor yang sudah lama yang berusia atas 10 tahun menjadi motor listrik. Sebanyak 100 unit kendaraan dinas konversi menjadi kendaraan listrik. Fengan perincian 96 unit kendaraan dinas lingkungan KESDM dan 4 unit kendaraan dinas Pemerintah Provinsi Jabar.
Dalam pelaksanaan kegiatan konversi, P3TKEBTKE juga bekerja sama dengan SMK (pelatihan konversi motor 8 SMK Bogor dan Tangerang Selatan). Bengkel UMKM (3 bengkel UMKM), serta telah tindaklanjuti perluasan kerja sama dengan UMKM. Kemudian, melalui kerja sama dengan Kementerian UKM untuk meningkatkan kapasitas UMKM dan memberdayakan UMKM.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.