Mahasiswa Harus Siapkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

Mahasiswa Harus Siapkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

kewirausahawan-freepik-com

Saat ini Kita berada dikehidupan yang semakin berkembang, semakin lama teknologi semakin maju yang membuat masyarakat sosial harus terus beradaptasi dan berinovasi. Dizaman globalisasi ini, kita terlebih mahasiswa dituntut untuk bisa dalam segala bidang. Sebagian besar sarjana di Indonesia belum mendapatkan pekerjaan sehingga dapat dikategorikan kedalam sebagian besar pengangguran negara. Akan tetapi, bukan berarti ijazah tidak bisa diandalkan, namun Kita harus memiliki kemampuan dan keahlian.

Sangatlah penting bagi Kita untuk mempunyai jiwa wirausaha. Sebagian besar mahasiswa pasti berfikir bahwa setelah lulus akan segera mendapat pekerjaan, bekerja diperusahaan ternama, dan tidak terbesit untuk menjadi seorang wirausaha. Padahal, jiwa wirausaha ini sangat penting dimiliki oleh semua orang, terlebih seorang mahasiswa yang berjiwa muda dan penuh semangat. Dengan mendirikan usaha kecil saja kita sudah menjadi seorang wirausahawan, umur bukanlah penghalang untuk kita berwirausaha, gunakanlah jiwa muda kalian sebaik mungkin.

Jika kita tidak mendapatkan pembahasan kewirausahaan dari pendidikan yang kita jalani, kita dapat menumbukannya sendiri, dengan cara memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini, kita dapat belajar dari Workshop, Webinar, Internet, ilmu dari orang lain dan lainnya. Hal ini bertujuan supaya kita anak generasi muda atau mahasiswa menjadi seorang yang pasif dalam menghadapi masa depan, mengembangkan pola pikir agar tidak terpacu dengan pekerjaan saja, akan tetapi juga usaha yang akan kita buat.

Teknologi yang bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari, semua bisa serba cepat dan instan. Segala aktivitas bisa dilakukan hanya dengan teknologi gadget. Mulai dari pesan makanan, berbelanja barang kebutuhan, ojek, dan lain-lain. Tetapi tidak menutup kemungkinan masih banyak orang-orang di luar sana yang belum bisa mengaplikasikan atau menggunakan teknologi ini. Oleh sebab itu, menguasai teknologi yang sudah ada saat ini sangatlah penting.

Mahasiswa wajib menyiapkan jiwa kewirausahannya terutama dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Siapkanlah jiwa kewirausahan Anda semaksimal mungkin agar dapat siap bersaing, anak muda saat ini harus memiliki semangat yang membara untuk menjadi wirausahawan. Bangun niat dan semangat Anda untuk wirausaha, apapun itu wujudnya yang terpenting sesuai dengan minat Anda.

Terdapat tiga hal yang dapat dioptimalkan supaya sukses dalam memulai usaha, yaitu membuka fikiran, membuka hati, partisipasi, dan melakukan aksi yang nyata. Sebuah usaha bisa dikatakan bonafit apabila benar benar dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat.

Apabila jika masih mahasiswa, para pemuda masih berorientasi dengan belajar. Akan tetapi paradigma itu sebisa mungkin sedikit-sedikit diubah seiring berjalannya waktu agar mewujudkan profesionalitas di bidang bisnis sehingga bisnis tersebut dapat mejadi sebuah penghidupan di masa depan.

Di masa yang akan datang atau bahkan dimasa sekarang, tren yang berkembang ialah menciptakan pekerjaan, bukan hanya mencari pekerjaan. Seperti banyaknya perusahaan-perusahaan startup yang dirintis dan dibentuk oleh para pemuda di Tanah Air.

Tren berwirausaha saat ini mulai berkembang sangat pesat, hal ini sangat berdampak positif seiring dengan persiapan generasi muda kita dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Disisi lain seharusnya pemerintah membuat program untuk mendorong generasi muda agar mau berwirausaha. Pemerintah juga dapat memberikan dorongan dengan memfasilitasi permodalan dan mendirikan pusat-pusat inkubator bisnis.

Apabila jiwa kewirausahaan sudah tumbuh dalam diri mahasiswa sejak dini, maka orang itu pasti menjadi individu yang kaya akan kreatifitas, mandiri, inovasi, bisa menata kepribadian, produktifitas tumbuh, dan tidak mudah menyerah. Siap dan berani menghadapi kegagalan yang datang dalam hidup, dapat keluar dari zona nyaman, dan terus menerus belajar agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Manfaatkan jiwa muda ini untuk terus belajar jiwa wirausaha karena keseharian anda akan lebih produktif.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.