7 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa

7 Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

ide-bisnis-online-freepik-com

Masa saat menjadi mahasiswa adalah saat yang sangat tepat untuk mengembangkan potensi diri. Salah satunya dengan mencoba pengalaman merintis usaha, baik secara digital maupun konvensional.

Merintis usaha bisa untuk menambah pengalaman, menambah penghasilan sehingga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kuliah, dan bisa juga ditabung untuk masa depan. Kegiatan tersebut dapat memacu kemandirian mahasiswa, agar tak bergantung pada uang saku orang tua.

Dengan mendirikan bisnis online, kita tidak terikat waktu seperti sekolah dari pagi sampai sore. Bahkan kadang, ada beberapa hari dalam seminggu yang tak ada jadwal kuliah, dan biasanya dmanfaatkan dengan nongkrong di kafe, hangout ikutan UKM baru, atau yang lain. Namun, ada yang lebih bermanfaat loh untuk menggunakan waktu yang luang, bahkan bisa menambah uang saku harian Anda, seperti mendirikan bisnis online, kamu hanya perlu menggunakan laptop atau smartphone dan juga fasilitas wifi dari kampus untuk menjalannya.

Berikut beberapa ide bisnis yang dapat Anda jadikan peluang untuk mahasiswa yang ingin mulai merintis usaha;

1. Jual Materi Kuliah

Jika Anda anak yang rajin mencatat dan belajar, bisa Anda manfaatkan kelebihan ini, Anda hanya butuh tambahan kreativitas agar catatan kuliah Anda terlihat lebih menarik. Kalau sekiranya catatanmu terlalu monoton, cobalah untuk membuatnya dengan PPT agar tampilan penuh gambar dan warna sehingga terlihat lebih menarik. Lalu oba tawarkan materi kuliah dalam bentuk e-book kepada mereka yang suka membaca, bahkan alangkah baiknya jika pengemasan materi kuliah yang kamu jual berbentuk video.

2. Jadi YouTube Creator

Masih tentang membuat video, Anda bisa memanfaatka youtube untuk menambah uang saku harian Anda. Tidak harus tentang perkuliahan, Anda bisa membuat vlog tenang topik apapun yang kalian sukai, mula dari keantikan, pendidikan, makanan, hiburan ataupun kesehatan. Buatlah konten sekreatif mungkin agar terlihat unik dan bermanfaat, dengan itu subsribemu tak akan beranjak meninggalkanmu. Pikirkan dengan matang apa yang mebuat orang rela menguras kuota internetnya demi menonton channel youtubemu.

3. Menjadi Influencer

Terkenal di media sosial saat ini adalah salah satu cara agar menjadi influener masa kini, media sosial yang dapat kamu manfaatkan salah satunya adalah instagram. Akan tetapi, menjadi influencer tidak hanya sekedar menjadi selebgram, sesekali mendapat endors produk itu sangat wajar, namun jangan lupa membuat konten atau caption positif yang bermanfaat agar dapat menularkan semangat kebaikan sesuai dengan sebutannya, yakni influencer.

4. Membuat Desain

mengenai desain. Akan tetapi, bukan berarti mahasiswa yang bukan jurusan ini tidak boleh mendirikan bisnis desain. Semua bergantung pada diri Anda sendiri, Anda perlu niat untuk belajar dan utak atik desainnya agar dapat mempromosikan desain logo yang sudah Anda buat. Bisa juga mengikuti lomba lomba desain logo.

5. Membuat Website 

Sama halnya seperti desain logo, membuat website dan kemudian dijual juga butuh latar belakang pendidikan yang sesuai. Tentu jika Anda kuliah di Jurusan Teknik Informatika atau yang sejenisnya, membuat website dengan berbagai fitur untuk menghasilkan pundi pundi uang bukanlah hal yang  rumit. Namun, bukan berarti Anda yang tidak kuliah dijurusan relevan tidak bisa membuat website. Asal ada keinginan, pasti akan ada jalan. Nantinya Anda lah yang menikmati hasilnya apabila website yang Anda tawarkan ditawar oleh perusahaan.

6. Membuat Tulisan

Tidak semua orang memiliki bakat dan minat untuk menulis. Bagi Anda yang gemar dan bisa menulis, ada salah satu peluang yaitu membuat Blog. Tulis opini atau ulasan tentang hal-hal yang menarik bagi Anda, sama seperti konten YouTube (vlogging), namun ini dalam bentuk tulisan (blogging). Jika waktu Anda tidak cukup banyak untuk membuat blog, Anda juga bisa jadi penulis lepas. Menjadi kontributor diberbagai platform online lumayan untuk meningkatkan skill-mu, dan juga menambah saldo rekening.

7. Jualan Online

Tidak hanya berjualan materi kuliah, kamu juga bisa menjual pakaian, buku baru, kosmetik, buku bekas, elektronik atau apapun barang yang kamu dapatkan supliernya secara online. Manfaatnya berjualan online bisa Anda lakukan kapanpun dan di manapun, bahkan saat Anda di kampus. Hal yang terpenting jadilah penjual yang jujur dan memiliki integritas agar pelangganmu tetap setia.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.