Slip Gaji dan Pentingnya Bagi Usaha Yang Berjalan

Contoh Slip GajiContoh Slip Gaji – Mendapatkan upah atau gaji merupakan momen favorit dari semua karyawan. Setiap sekali dalam sebulan, para karyawan biasa mendapatkan gaji sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras mereka terhadap perusahaan. Besaran gaji yang diterima oleh karyawan berbeda-beda, tergantung pada posisi karyawan tersebut pada perusahaan, job desk, hingga jumlah jam kerja per harinya. Agar tidak salah menghitung jumlah pendapatan, biasanya saat menerima gaji, karyawan juga akan menerima sebuah catatan kecil bernama slip gaji karyawan.

Slip gaji memuat perhitungan rinci dari jumlah uang yang keterima oleh seorang karyawan saat menerima upah. Catatan kecil ini merupakan hal penting yang tidak bisa lepas dari sistem keuangan perusahaan. Tanpa adanya catatan rincian gaji, sistem pengelolaan keuangan perusahaan dapat menjadi kacau dan perhitungan upah karyawan dapat meragukan kebenarannya. Tentunya Anda tidak ingin menerima gaji yang tidak sesuai dengan kinerja Anda, bukan?

Ingin tahu lebih banyak perihal kegunaan slip pendapatan karyawan ini?

Yuk simak ulasan bawah ini tentang pengertian, contoh slip gaji karyawan, hingga informasi pinjaman online tanpa slip gaji yang dapat Anda manfaatkan untuk bantuan dana darurat.

 

Gaji merupakan imbalan serta bentuk penghargaan yang terima karyawan atas kerja kerasnya kepada perusahaan. Sistem gaji yang miliki setiap perusahaan berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikan gaji secara bulanan, mingguan, bahkan harian. Selain itu, besaran gaji yang diterima oleh setiap karyawan pun berbeda-beda, tergantung pada posisi karyawan tersebut pada perusahaan, tingkat kesulitan job desk yang ia kerjakanhingga jumlah total jam kerja karyawan tersebut.

 

Saat menerima gaji, para karyawan umumnya turut serta menerima rincian gaji masing-masing. Slip gaji atau slip upah merupakan catatan kecil dan ringkas yang memuat jumlah upah kerja dalam periode tertentu serta besar pemotongan upah seperti pajak. Catatan ini berguna agar baik karyawan maupun perusahaan bisa sama-sama memantau proses distribusi gaji. Karyawan dapat mencocokkan jumlah uang yang sesuai dengan perhitungan upah dalam lembaran slip.

Bentuk slip upah tradisional biasanya berupa selembar kertas biasa yang isinya ketik lalu print, atau tulisan tangan. Namun berkat kecanggihan teknologi, Anda sekarang bisa menerima slip gaji online. Banyak perusahaan sudah mulai beralih ke metode slip gaji online sebab dapat buat dengan cepat, praktis dan efisien. Selain itu, slip gaji online lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan kertas.

Komponen Penting Slip Upah
Sebuah catatan upah tidak bisa dibuat secara sembarangan. Terdapat 4 komponen penting yang wajib tercantum dalam slip upah. Apakah slip upah Anda sudah memuat 4 komponen tersebut? Yuk cari tahu dalam penjelasan berikut ini!

Identitas Perusahaan

Sebuah slip upah yang sah harus mencantumkan identitas perusahaan yang jelas dari dalamnya. Identitas perusahaan dalam slip akan memperjelas siapa pemberi upah yang sah. Sehingga jika kelak terjadi kesalahan dalam pemberian upah, karyawan tahu harus melapor dan meminta pertanggung jawaban kepada siapa. Perusahaan dengan identitas yang baik setidaknya harus ada dalam slip upah adalah nama, logo dan cap stempel perusahaan yang menunjukkan legalitas dari slip.

Identitas Karyawan

Seperti pada penjelasan yang ada sebelumnya, besaran gaji setiap karyawan berbeda-beda. Untuk menghindari kekeliruan dalam pemberian upah, maka setiap slip wajib mencantumkan identitas karyawan seperti nama dan jabatan. Perusahaan juga bisa menambahkan keterangan lainnya seperti nomor pegawai atau nomor pokok wajib pajak dari karyawan jika perusahaan memiliki informasi tersebut.

Periode Gaji

Komponen berikutnya adalah keterangan periode gaji dan tanggal pembayaran. Keterangan ini tidak boleh luput dalam slip upah, sebab tanggal serta periode gaji dapat menjadi bukti sah jika kelak terjadi permasalahan di luar perkiraan terkait gaji. Selain itu, keterangan tanggal dan periode gaji juga akan tercatat pada bagian keuangan perusahaan ke dalam laporan tahunan perusahaan.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.