Business Model Canvas Sebagai Poin Perencanaan Perusahaan

Business Model CanvasBusiness Model Canvas : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya – Untuk membuat atau membuka sebuah usaha, pastinya butuh rencana yang sangat matang dan jelas dari segala aspek. Kamu mau  membuka bisnis sendiri, baik itu bisnis kuliner, fashion, edukasi, atau usaha lainnya?

Nah, pastinya kamu wajib membuat perencanaan yang maksimal supaya bisa menarik pelanggan dan produk atau jasa yang mentawarkan bisa laku keras. Karena itu, kamu wajib mengenal dan membuat business model canvas sebelum membuka usaha. Pembuatan business model canvas ini bisa membantu mengatur dan merencanakan usaha kamu, bahkan dari dasarnya.

Sehingga bisnis kamu bisa sukses dan cepat berkembang. Mau tahu apa yang maksud dengan business model canvas dan elemen-elemennya? Yuk, kita simak dan pelajari berikut ini!

Pengertian Business Model Canvas (BMC)

Kamu sudah pernah mendengar tentang rencana bisnis yang satu ini belum? Business Model Canvas atau yang biasa singkat BMC adalah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang terdiri dari 9 elemen untuk membantu perencanaan bisnis sebelum bentuk.

Model bisnis ini pertama kali perkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis.

Tapi, kalau lihat sepintas, sebenarnya alur model dari BMC ini sangat sederhana dan mudah kamu buat lho. Karena, secara garis besar, alurnya mengalir dari satu elemen bisnis menuju elemen penting berikutnya.

BMC Penting untuk Perusahaan

Nah, kenapa BMC ini sangat penting sebelum memulai bisnis? Karena dengan kesembilan elemennya, sebenarnya kita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide bisnis itu potensial atau tidak. Karena itu, membuat bisnis model canvas adalah hal paling awal yang biasanya butuh seorang pengusaha pemula atau pengusaha yang mau membuat suatu usaha baru.

Pasti pertanyaan selanjutnya yang kamu ingin tahu yaitu apa saja kesembilan elemen ini dan bagaimana cara membuat sebuah BMC yang baik, kan? Tenang, karena kita akan bahas semuanya disini!

Setelah mengetahui apa itu business model canvas dan isi dari 9 elemennya, tentu business model canvas ini buat bukanlah tanpa manfaat dalamnya. Adapun manfaat dari business model canvas yaitu:

Mempersingkat Waktu Penulisan Perencanaan

Jika menggunakan metode konvensional, maka pelaku usaha tentu harus menuliskan panjang lebar terkait perencanaan bisnis yang akan buat. Akan tetapi, dengan BMC maka perusahan hanya perlu mengisi poin-poin perencanaan bisnis sesuai dengan blok yang telah tetapkan tanpa perlu menulis panjang lebar. Penentuan poin-poin penting ni semakin terarah dengan adanya blok yang telah tersedia.

Meningkatkan Fokus Perusahaan

Business model canvas dapat meningkatkan fokus perusahaan terhadap poin penting dari perencanaan penting yang telah buat. Dalam hal ini perusahaan perlu fokus pada elemen yang paling penting terlebih dahulu yang nilai memberikan dampak besar dan mendorong pertumbuhan perusahaan. Intinya, BMC dapat membantu pemahaman dan dapat melihat gambaran keseluruhan bisnis sehingga dapat terlihat kekuatan dan kelemahan tergantung pada inputnya. Hal tersebut akan membangun model bisnis sedemikian rupa sehingga keseluruhannya terdiri dari dan lebih besar dari jumlah bagian yang ada.

Business Model Canvas Lebih Terstruktur

Perlu diketahui dengan menggunakan business modle canvas maka pelaku bisnis tidak perlu membuat perencanaan bisnis yang sangat panjang dan menghabiskan banyak waktu. Business model camvas dapat dijadikan brainstorming saat meeting dengan seluruh karyawan. Bagian penitngnya business model canvas dapat mempercepat proses meeting dan membuat diskusi menjadi lebih terstruktur agar tidak melenceng ke pembahasan yang lain.

Mengurangi Risiko

Business model canvas dapat mengurangi risiko dari kekeliruan dalam eksekusi bisnis. Jadi, secara tidak langsung BMC ini dapat dijadikan dokumen blueprint perencanaan bisnis untuk suatu perusahaan. Sebagai contoh ketika ada pelaku bisnis yang sedang melakukan eksekusi bisnis maka mereka dapat menjadikan BMC sebagai panduan perusahaan untuk menjalani eksekusi bisnis berdasarkan poin yang telah dirancang sebelumnya. Dengan demikian perusahaan dapat mengurangi risiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis.

Tujuan Business Model Canvas

Pembuatan business model canvas bertujuan dalam membantu perusahaan guna merancang perencanaan bisnisnya serta menetapkan. Validasi berbagai poin penting dalam bisnis seperti sumber daya yang ada,aktivitas. Hubungan yang hendak jalani dengan pihak-pihak terkait, mengenai pendapatan serta pengeluaran yang harus keluarkan.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.