Mengurus Izin Desain Kemasan Produk

Desain Kemasan Produk – Saat Anda ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan. Apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang membuat produk pastinya Anda harus membuat kemasan untuk produk tersebut.

Dalam membuat kemasan produk, faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal pertama yang harus pastikan. Namun, untuk mendukung sebuah pemasaran, kemasan yang aman dan nyaman saja tidaklah cukup, kemasan tersebut juga harus memiliki sifat unik, agar mudah mengenalinya dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.

Agar Desain Produk Sesuai Dengan Perizinan

1. Pakai gambar yang menarik
Kalau jual produk makanan, maka tantangan terbesarnya adalah membuat orang tertarik, bahkan bisa lapar dan ingin mencoba produk hanya melihatnya dari kemasan. Dalam hal ini bisa juga menggunakan teknik fotografi makanan. Pastikan gambar yang peletakkan dalam desain memiliki resolusi tinggi agar gambar tidak pecah saat tercetak.

Penggunaan warna pada gambar juga sangat menentukan. Untuk pemilihan warna produk makanan, bisa dengan menggunakan warna merah dan kuning yang membangkitkan selera makan orang yang melihatnya. Jika menggunakan elemen lain seperti animasi, vector, kartun, dan sebagainya, maka pastikan gambar tersebut memiliki resolusi tinggi agar hasilnya tidak mengecewakan.

2. Desain sederhana, tidak perlu heboh
Jika pernah melihat desain kemasan yang terlalu ramai menempatkan ornamen desain, atau gambar yang peletakan sembarangan, ada baiknya desain tersebut jangan tiru. Desain merupakan kombinasi tepat dari gambar, warna, dan teks yang penggabungannya berguna untuk membentuk sebuah layout yang tepat.

Tapi sering juga para pelaku usaha yang mungkin tidak begitu mengerti tentang desain kemasan. Kemudian alhasil malah menabrakkan semua elemen tersebut, yang justru menghancurkan estetika dari visualisasi desain kemasan. Sehingga pastikan teks mudah terbaca. Jangan sampai desain kemasan membuat produk sulit mengingatnya gara-gara desain yang aneh dan teks yang sulit terbaca.

3. Tambahkan informasi perizinan
Walau produk masih pembuatan skala rumahan, wajib banget untuk mengurus perizinan agar lebih mudah mengedarkan dan memasarkan produk. Skala rumahan untuk produksi UMKM bisa menggunakan izin P-IRT yang pegurusannya tidak begitu rumit.

Jika usaha sudah semakin maju, bisa langsung mendaftar untuk mendapat izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), guna lebih menjamin keamanan peredaran produk. Izin edar atau legalitas lainnya akan sangat membantu dan membuat konsumen lebih yakin terhadap jaminan keamanan produk karena sudah terdaftar secara resmi.

Izin legal yang ada juga akan membuat pemilik usaha lebih leluasa dalam memasarkan produk. Informasi legalitas yang ada bisa menjadi salah satu cara membuat kemasan yang menarik dan meyakinkan konsumen.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.