Apa Itu Bisnis Secara Umum

Apa Itu BisnisPengertian apa itu bisnis secara umum yaitu suatu kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen yang tujuannya memperoleh laba atau keuntungan.

Umumnya, sebuah bisnis dijalankan oleh suatu perusahaan yang berbentuk badan usaha tertentu, seperti perusahaan perseorangan, persekutuan atau perseroan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Bisnis Secara Umum

Selain definisi di atas, bisnis juga bisa berarti sebagai sebuah kegiatan yang terlaksana oleh individu atau organisasi yang melibatkan berbagai proses, baik itu pembuatan, pembelian, penjualan hingga pertukaran barang atau jasa yang tujuannya menghasilkan keuntungan.

Bisnis berasal dari Istilah yang menggunakan bahasa Inggris yaitu ‘business’ yang berarti ‘kesibukan’. Dalam hal ini kesibukan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Jika dari dasar ruang lingkupnya, penggunaan istilah bisnis dapat menjadi tiga pengertian, diantaranya yaitu:

  1. Badan usaha, yang berkaitan dengan kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan
  2. Sektor pasar tertentu, contohnya seperti pasar modal dan lain sebagainya.
  3. Semua aktivitas komunitas produsen barang atau jasa.

Fungsi Bisnis
Seluruh kegiatan bisnis pasti berfungsi untuk mengubah sesuatu yang awalnya tidak bernilai hingga sesuatu yang bernilai tinggi sehingga bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Steinhoff dalam bukunya The World of Business menyatakan suatu bisnis setidaknya memiliki tiga fungsi utama, seperti berikut:

  • Mencari bahan baku yang akan berguna
  • Mendistribusikan produk ke pelanggan
  • Mengolah bahan baku menjadi produk yang siap digunakan (produk jadi).

Pada intinya proses utama yang terlaksana dalam suatu bisnis adalah mengubah sesuatu yang awalnya bernilai kecil menjadi bentuk yang memiliki nilai jual tinggi dan bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk lebih rincinya, berikut ini fungsi bisnis yang meliputi 4 hal yaitu:

  • Fungsi Produksi, merupakan fungsi yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang sesuai kebutuhan dalam masyarakat.
  • Fungsi Distribusi, merupakan fungsi yang tujuannya mendistribusikan. Bisa barang atau jasa ke lokasi paling dekat agar bisa menjangkau dan teridentifikasi oleh konsumen.
  • Fungsi Penjualan, merupakan fungsi yang bertujuan untuk melakukan penjualan barang atau jasa yang menghasilkan oleh produsen ke setiap konsumen yang membutuhkan.
  • Fungsi Pemasaran, merupakan fungsi yang erat kaitannya dengan penyimpanan dan pemasaran, agar barang yang awalnya kurang bermanfaat bisa masuk pasaran pada lain waktu pada saat konsumen membutuhkan.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.