Angel Investor Dan Pentingnya Bagi Bisnis Startup

Apa Itu Angel InvestorApa Itu Angel Investor – Di dunia bisnis startup, istilah angel investor sudah tak lagi asing. Soalnya, para angel investor ini memang punya peran yang sangat signifikan dalam perkembangan dunia bisnis startup. Lebih tepatnya, banyak bisnis startup yang mendapatkan pendanaan dari si investor malaikat ini sebagai alternatif dari modal ventura alias venture capital.

Kalau begitu, apa maksud dari sang investor malaikat, ya? Dan bagaimana asal-mula kemunculan sang investor malaikat? Kalau kamu punya pertanyaan yang sama, kamu tak perlu bingung lagi karena dalam artikel ini kamu bisa temukan rangkuman penjelasan lengkap tentang investor ini, sejarahnya, serta kelebihannya. Penasaran? Yuk langsung baca artikelnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Angel Investor?

Juga dikenal sebagai private funder, atau seed investor. Dan angel investor merupakan seorang individu dengan net worth tinggi yang menyediakan dukungan finansial bagi para entrepreneur maupun bisnis startup kecil. Sebagai imbalannya, investor-investor ini biasanya mendapatkan kepemilikan atas bisnis tersebut.

Sering kali, investor ini bisa ditemukan di antara keluarga atau lingkaran pertemanan entrepreneur yang mendapatkan pendanaan darinya. Dan dana yang disediakan oleh investor bisa jadi berupa investasi satu waktu (one-time investment). Hal ini tujuannya adalah untuk membantu mengangkat bisnis agar dapat terealisasikan. Akan tetapi, dana dari investor bisa jadi merupakan suntikan dana terus-menerus untuk membantu bisnis melalui tahapan awal yang berat.

Pada dasarnya, investasi dalam bisnis startup yang masih ada pada tahap awal adalah investasi yang berisiko. Dan biasanya investasi ini hanya sejumlah maksimal 10 persen dari total portofolio investasi milik angel investor. Pasalnya, biasanya investor melakukan investasi pada bisnis startup karena ia memiliki kelebihan dana dan ingin mencari rate of return yang lebih tinggi ketimbang rate of return dari peluang investasi tradisional.

Alasan lain mengapa pemilik investor jenis ini sangat populer dalam dunia bisnis startup adalah karena investor malaikat umumnya lebih “ramah” bila perbandingannya para kreditur lainnya. Soalnya, seorang investor malaikat pada dasarnya berinvestasi untuk membantu entrepreneur memulai bisnisnya. Oleh karena itu, investor berlabel angel tidak menjadikan keuntungan investasi sebagai fokus utama mereka. Dan inilah salah satu faktor pembeda utama antara investor ini dengan para pemodal ventura alias venture capitalist.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.