Manfaat Home Industri Dan Ide Bisnisnya

Home Industri AdalahHome Industri Adalah –  Gagasan home industri atau yang juga dikenal dengan industri rumahan mengingatkan bisnis rumahan di pedalaman 200 tahun yang lalu atau perajut Skotlandia membuat sweater yang tidak biasa dan mahal. Contoh dari produk yang biasanya usaha dalam industri rumahan misalnya saja berjualan bakso atau mie ayam, berjualan ice cream, bisnis cuci mobil maupun motor, bisnis laundry, dan bermacam-macam bentuk usaha lainnya.

Akan tetapi, apapun bentuk usaha yang terlaksana, baik dalam produksi barang maupun jasa, home industri atau industri mempunyai manfaat yang sangat besar, terutama dalam bidang ekonomi. Salah satunya yaitu membuka peluang usaha sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran. Industri rumahan juga bisa membuat orang untuk lebih kreatif karena memikirkan inovasi produk-produk yang baru agar lebih menarik konsumen.

Home Industri

Home industri atau usaha rumahan adalah bisnis manufaktur yang memiliki karakteristik berskala kecil dan terdesentralisasi yang sering kali beroperasi dari rumah dan bukan pada tempat yang khusus untuk kegiatan industri.

Industri rumahan ini sendiri tentu saja oleh jumlah investasi yang perlu untuk memulai, serta jumlah orang yang kerja

Pengertian Home Industri

Adalah  suatu  unit  usaha  atau  perusahaan  dalam  skala kecil  yang  bergerak  dalam  bidang  industri rumahan tertentu. Artinya rumah, tempat  tinggal  ataupun  kampung  halaman.  Sedang  industri sebagai  kerajinan,  usaha  produk  barang  dan  ataupun  perusahaan.

Jadi secara singkat industri rumahan bisa diartikan  rumah  usaha  produk  barang  atau  juga  perusahaan  kecil.  Dikatakan  sebagai perusahaan kecil sebab jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah.

Pengertian Home Industri Menurut Para Ahli

Adapun definisi home indutri menurut para ahli, antara lain;

  1. Tohar

Pengertian home industri ialah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana atur dalam suatu undang-undang.

  1. Ina Primiana

Definisi industri rumahan adalah:

  1. Usaha kecil ialah pengembangan empat kegiatan ekonomi utama yang menjadi motor penggerak pembangunan, ialah agribisnis, industri manufaktur, sumber daya manusia, serta bisnis kelautan.
  2. Usaha kecil ialah pengembanagn kawasan andalan untuk dapat mempercepat pemulihan perekonomian melalui pendekatan wilayah atau daerah, ialah dengan pemulihan wilayah atau daerah untuk mewadahi program prioritas dan pengembangan sektor-sektor dan potensi.
  3. Usaha kecil ialah peningkatan upaya-upayapemberdayaan masyarakat.
  1. Kwartono

Arti industri rumahan adalah kegiatan ekonomi rakyat yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha. Atau yang memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000 dan milik warga negara Indonesia.

Ciri Home Industri

Adapun secara garis besarnya home industri yang ada pada masyarakat memiliki beberapa karakteristik yang kemudian menjadi ciri khasnya, antaranya yaitu sebagai berikut;

  1. Jenis barang/komoditi yang usaha umumnya telah tetap tidak gampang berubah.
  2. Lokasi/tempat usaha umumnya telah menetap tidak berpindah-pindah.
  3. Pada umumnya telah melakukan administrasi keuangan walau masih sederhana, keuangan perusahaan sudah mulai pisah dengan keuangan keluarga, sudah membuat neraca usaha.
  4. Sudah mempunyai izin usaha dan persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP.
  5. Sumberdaya manusia (pengusaha) mempunyai pengalaman dalam berwira usaha.
  6. Sebagian telah akses ke perbankan dalam hal keperluan modal
  7. Sebagian besar belum bisa membuat manajemen usaha dengan baik seperti business planning.

Tinggalkan Komentar

You have to agree to the comment policy.